Thursday, March 13, 2008

Masa depan Google…

Lab ini (http://labs.google.com) seolah-olah departemen penelitian google, tempat pengembangan, pembuatan, pengolahan dan perbaikan fitur-fitur Google. Di bagian ini, ide-ide kreatif dan teknologi baru diperkenalkan, yang pertama dalam tahap Beta. Setelah serangkaian tes dan perbaikan, maka terbitlah produk berikutnya dari Google. Dihalaman ini, diperkenalkan proyek-proyek yang paling menarik.

Mencari Source Code: Pencarian Code Google Yang masih dalam tahap percobaan adalah “Code Search” (www.google.com/codesearch?h1=en). Dengan layanan ini, kita dapat mencari source code dalam bahasa pemrograman tertentu. Misalnya, mencari dalam bahasa pemrograman ASP, C, C++, C#, Java, javascript, Objecktive C, Perl, PHP, Ruby, dan Tel.i.

Taxi, please! Gooogle Ride Finder PGoogle Rider Finder (http://labs.google.com/ridefinder) tersedia hanya untuk beberapa kota besar di Amerika Serikat. Dengan Ride Finder kita dapat menanyakan tempat pangkalan taksi, Shuttle-Bus, atau kendaraan lain. Mealui Google Maps, terlihat kendaraan-kendaraan itu di peta iklan. Penggalan-penggalan peta dapat diperbesar dan digeser, sehingga terlihat tempat yang tepat. Dengan mengklik, kita dapat mengetahui nomor taksi dan nama perusahan taksi itu.

Mencari dengan AJAX:Google Suggest Suggest (www.google.com/webhp?complete=1&hl=en) sebenarnya adalah kelanjutan dari fungsi pencarian. Maka search engine ini akan mengeluarkan saran-saran untuk istilah lengkapnya. Dan dalam hal ini, google menggunakan teknologi AJAX. Dengan teknologi ini, tidak perlu membuka halaman baru pada browser untuk mentransfer data. Huruf-huruf yang diketik ditransfer ke server. Hasilnya akan dikirim kembali dalam hitungan detik. Proses ini terulang kembali begitu ada kata lain yang diketik.

Mengkonfigurasi Search Engine: Google Co-op PGoogle Co-op (www.google.com/coop) adalah suatu platform yang digunakan oleh pengguna Google untuk berpartisipasi dalam pengembangan teknologi search engine Google. Dengan Google Co-op, pengguna dapat menyumbangkan gagasan. Dengan layanan ini diharapkan hasil pencarian menjadi relevan (sumber: Chips Special Google)

No comments:

Post a Comment